6 Cara Mengatasi dedek bayi yang pilek

sumber: freepik.com

Pilek adalah keluhan umum yang bisa dialami siapa saja termasuk bayi. Pilek sebenarnya bisa sembuh dengan sendirinya. Namun, ibu pasti lebih khawatir apabila kondisi ini menimpa Si Kecil. Ada beberapa perawatan sederhana yang dapat ibu lakukan untuk mengatasi pilek pada Bayi. Mulai dari menyusui Si Kecil hingga menggunakan humidifier atau alat penyedot ingus untuk melegakan pernapasan Si Kecil.”

Sistem imunitas pada Si Kecil yang belum sempurna membuatnya lebih rentan terserang penyakit. Terlebih jika cuaca sedang tidak menentu membuat berbagai virus maupun bakteri lebih mudah berkembang biak. Oleh karena itu, ibu mesti tahu cara mengatasi pilek Si Kecil agar tidak semakin parah. Pilek ditandai dengan keluarnya cairan bening dari hidung yang disebut dengan ingus. Setelah seminggu, ingus mungkin akan berubah menjadi berwarna kuning atau hijau.

Ingus yang keluar ketika Si Kecil terserang pilek adalah salah satu cara untuk menyingkirkan kuman pada tubuh. Namun, apabila ingus yang keluar terlalu banyak hingga menyumbat hidung, kondisi ini nantinya dapat mengganggu pernapasan Si Kecil.

Tips Mengatasi Pilek pada Bayi

Pemberian obat tidak bisa menyembuhkan pilek, tetapi mampu meredakan gejala seperti sakit otot, sakit kepala, dan demam. Kabar baiknya, ada sejumlah perawatan yang bisa ibu lakukan untuk meringankan gejala pilek dan membuat Si Kecil lebih nyaman. Berikut ini sejumlah cara untuk mengatasi hidung tersumbat pada akibat pilek pada Si Kecil, yaitu:

1. Banyak Istirahat

Perawatan utama mengatasi pilek pada Si Kecil adalah memastikannya banyak beristirahat atau tidur yang cukup. Kurangnya istirahat dapat membuat tubuh Si Kecil semakin lemah, sehingga mudah terserang penyakit. Jadi, pastikan Si Kecil banyak beristirahat ketika pilek. 

2. Gunakan Pelembap Udara

Menyalakan pelembap udara dapat membuat udara di dalam ruangan menjadi lebih hangat, sehingga lendir yang berada di dalam hidung Si Kecil bisa keluar secara perlahan. Udara yang lebih hangat juga membuat tubuh Si Kecil menjadi berkeringat, sehingga rongga hidung lebih terbuka.

3. Gunakan Obat Semprot Hidung

Obat semprot hidung atau saline berfungsi untuk mengurangi produksi lendir dari tubuh yang membuat sumbatan di hidung. Baringkan Si Kecil ketika akan menggunakan obat ini, lalu semprotkan sebanyak 2–3 kali. Lendir akan keluar bersamaan dengan bersin atau batuk.

Kalau ibu butuh obat-obatan, kini ibu tidak perlu repot-repot pergi ke apotek untuk membelinya. Ibu dapat membeli obat-obatan Si Kecil di toko kesehatan. Tinggal klik obat yang dibutuhkan, kemudian pesanan segera diantar ke tempat tujuan dalam

4. Gunakan Alat Penyedot Ingus

Cara mengatasi pilek Si Kecil lainnya adalah dengan menggunakan alat penyedot ingus atau bulb syringe. Alat ini digunakan ketika ingus tidak juga keluar setelah diberikan obat semprot atau saline. Alat ini berfungsi untuk mempercepat ingus keluar dari hidung, sehingga Si Kecil lebih mudah bernapas. Walau begitu, cara ini biasanya digunakan pada bayi yang usianya masih di bawah 6 bulan.

5. Atur Posisi Tidur Si Kecil

Mengubah posisi tidur Si Kecil dapat menjadi cara lain untuk mengatasi pileknya. Buatlah posisi kepala anak lebih tinggi daripada tubuhnya agar Si Kecil lebih nyaman saat bernapas. Selain itu, hal tersebut juga membuat lendir tidak menggumpal di hidung.

6. Perbanyak Cairan

Ibu juga perlu memastikan Si Kecil mendapatkan cairan yang cukup agar pilek dapat hilang. Pada bayi yang berusia di bawah satu tahun, susui Si Kecil sesering mungkin untuk memenuhi kebutuhan cairannya. Untuk anak yang lebih besar, ibu dapat memberikan air putih hangat yang dicampur dengan sedikit madu. Cairan yang hangat dapat membuat tubuh Si Kecil berkeringat, sehingga ingus yang berada di hidung dapat keluar dan membuat napas Si Kecil menjadi lebih lega. 

Apabila bayi tidak kinjung sembuh bayi bisa langsung dibawa ke dokter untuk mendapatkan penanganan oleh dokter. Kalua kita sebagai orang tua harus menemani dedek bayi untuk pergi kedokter. Otomatis apabila orang tua harus pergi bekerja, oleh karena itu sebuah perusahaan harus mempunya system sehingga kitab isa langsung mengajukan izin ke atasan kita dengan mudah. Dengan menggunakan HRMS yang di buat oleh SISAPP kita dapat melakukan itu dengan mudah.

Sumber: https://www.halodoc.com/artikel/inilah-6-cara-mengatasi-pilek-pada-bayi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *