Cara Kembangkan Bisnismu Menjadi Franchise

Beberapa tahun belakangan ini, sistem bisnis franchise sedang digemari oleh masyarakat Indonesia.

Franchise adalah cara berbisnis antara franchisor (pemilik merek dan konsep bisnis) dan franchisee (orang yang memperoleh merek dan konsep bisnis franchisor) yang sesuai dengan kontrak untuk memperjual-belikan merek bisnis, konsep, serta bahan baku yang sama.

Menjamurnya sistem bisnis franchise di Indonesia mendorong para pebisnis untuk menghadirkan merek terkenal dari luar negeri.

Namun belakangan ini, merek dagang asal Indonesia juga tidak kalah untuk bersaing dengan merek asal luar negeri. Coba lihat saja Foodpedia, Pasta Kangen, ataupun Donuthing; merek – merek bisnis tersebut telah berhasil menjamur di seluruh bagian Indonesia.

Cukup dengan bermodalkan sedikit, bisnis kecil – kecilanmu dapat beromzet miliaran dengan mengembangkan sistem franchise-mu sendiri. Penasaran gimana caranya? Ikuti tips di bawah ini: 

Lakukan Riset dan Analisa

Dengan melakukan riset dan analisa, kamu dapat mengetahui minat calon pelanggan sesuai dengan bisnis franchise-mu. Mengapa minat pelanggan penting? Karena dengan mengetahui minat pelanggan, kamu dapat mengetahui jenis bisnis apa yang saat ini sedang digemari oleh pelanggan. Informasi yang kamu peroleh tentang minat pelanggan juga akan membantumu untuk menentukan langkah berikutnya. 

Tentukan konsep bisnis

Konsep dan tujuan bisnis erat kaitannya dengan rencana bisnis, target pasar, sampai dengan kemasan produk bisnismu. Seluruh hal ini juga akan mempengaruhi citra bisnismu di hadapan para pelanggan. Agar bisnismu lebih cepat dikenal oleh masyarakat, pastikan produk bisnismu baru dan unik sehingga dapat dikenal oleh masyarakat luas.

Bertemu langsung dengan calon franchisee

Pertemuan secara langsung dengan calon franchisee-mu berperan cukup penting karena dengan pertemuan ini kamu dapat menentukan kontrak kerja. Kamu juga dapat menyepakati periode waktu kontrak. Jangan lupa untuk mengevaluasi sikap dan rekam jejak calon franchisee bisnismu. Dengan begitu kamu dapat menentukan siapa calon franchisee yang paling cocok dengan jenis bisnismu. 

Catat pendapatan dan pengeluaran 

Pencatatan keuangan bisnis franchise-mu sangat berguna untuk jangka panjang; karena kamu dapat mengetahui kondisi keuangan bisnismu sedang mengalami kerugian atau keuntungan. Tidak hanya itu, pencatatan keuangan juga berguna sebagai dasar analisis manajemen keuangan untuk melakukan evaluasi dan pengoptimalan inovasi bisnismu. Pencatatan ini juga akan sangat membantumu untuk melihat perkembangan bisnismu dari waktu ke waktu.

Berikan pelatihan untuk staff

Memberikan bekal untuk para staf bisnismu merupakan salah satu investasi yang cukup berharga. Kenapa hal ini penting? Karena dengan memberikan pelatihan, keahlian dan keterampilan para staf-mu akan terus berkembang, sehingga pelayanan dan kualitas bisnismu selalu konsisten. Beberapa pelatihan yang dapat kamu berikan ke stafmu adalah pelatihan pemasaran dan manajemen diri; sehingga seluruh staf-mu memiliki keterampilan yang memadai untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi para pelanggan.

Lakukan evaluasi dan kontrol secara berkala

Konsistensi adalah salah satu hal terpenting dalam hal berbisnis, terutama pada bisnis franchise. Dengan menjaga kualitas produk dan pelayanan, kamu perlu menetapkan standar produk dan pelayanan bisnismu. Tidak hanya itu saja, menetapkan SOP (Standar Operasional Prosedur) merupakan salah satu esensi yang tidak boleh terlewat! Dengan adanya SOP pada tiap cabang franchise, kualitas produk dan pelayanan akan konsisten. Dengan begitu, ada tolak ukur dan konsekuensi tertentu saat SOP tidak dijalankan. 

Simpan semua dokumen dengan baik

Menyimpan seluruh dokumen penting bisnismu merupakan salah satu langkah yang terlihat sepele namun memiliki peran yang cukup signifikan. Segala dokumen yang tersimpan berguna saat kamu akan mempelajari dan menyampaikannya kepada franchisee-mu. Ingat, kamu tidak hanya menjual konsep bisnismu saja, tetapi juga sistem bisnismu; sehingga seluruh perkembangan yang terarsip secara baik, akan membantumu saat melakukan hal tersebut. 

Gimana, Sobat Vireo? Sudah semakin yakin untuk mulai mengembangkan bisnismu menjadi franchise? Hal yang terpenting adalah keberanian mengambil langkah untuk memulai semuanya. Dengan sistem bisnis franchise, keuntungan yang kamu dapatkan sebagai seorang franchisor banyak; contohnya dengan menerima franchise fee setiap bulannya dan royalti fee. Selamat mengembangkan bisnismu bersama Vireo! 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *